Ilustrasi Makanan Fermentasi.

Umumnya acar disajikan sebagai hidangan pelengkap untuk dimakan bersama hidangan utama. Namun di Indonesia, acar biasanya dibuat dari timun, cabai, bawang, tomat, dan sebagainya

Namun ternyata berbagai daerah di dunia ini juga memiliki jenis varian acar yang berbeda-beda. Dilansir dari laman tribunnews berikut ini ialah 6 makanan fermentasi yang punya berkhasiat untuk kesehatan.

1. Pickles

Diyakini makanan ini berasal dari tahun 2.400 SM, tepatnya di Mesopotamia. Namun di Inggris, makanan ini telah populer sejak Abad Pertengahan.

Selain itu para peneliti telah menyimpulkan, mengkonsumsi makanan fermentasi seperti acar dapat membantu meningkatkan mood dengan meningkatkan kadar serotonin dan meningkatkan probiotik di dalam usus. Dan memakan jenis acar lainnya mampu menghasilkan efek yang sama.

2. Natto ( Fermentasi Pasta Kedelai)

Pasta kedelai yang difermentasi ini telah terbukti sangat kaya vitamin K2. Para peneliti mengatakan, vitamin langka ini telah terbukti mengurangi tulang keropos yang banyak dihadapi wnaita.

Selain itu, natto juga sangat tinggi di PQQ, yang menenangkan jaringan manusia dan perbaikan kulit yang rusak sehingga memberikan penampilan yang sehat secara keseluruhan.

3. Kimchi ( Fermentasi Kubis)

Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Kombinasi fermentasi cabai, bawang putih, daun bawang, dan beberapa rempah-rempah lainnya ini paling sering dikonsumsi oleh warga Korea.

Makanan ini sangat kaya Vitamin A dan C. Kubis yang difermentasi meningkatkan bakteri lactobacilli, yang merupakan bakteri yang baik untuk usus.

4. Sauerkraut

Sauerkraut, mungkin paling dikenal karena sangat tinggi serat. Tak cuma itu saja, makanan fermentasi ini juga tinggi vitamin A, C, K, dan sejumlah penting Vitamin B. Ini juga merupakan sumber kalsium, mangan, besi, natrium, dan merupakan sumber protein yang baik.

5. Miso ( Fermentasi Kacang atau Pasta Kedelai)

Miso, sebuah kacang atau pasta kedelai yang difermentasi, ternyata memiliki lima manfaat kesehatan yang besar. Di antaranya, miso menyediakan beberapa sumber probiotik, membantu melancarkan pencernaan secara, menurunkan tekanan darah, efek antikanker, dan sangat kaya nutrisi berikut.

6. Tempe

Tempe tidak hanya tinggi di probiotik penting, tetapi juga bekerja untuk mengurangi tingginya tingkat kolesterol. Tempe juga mengurangi gejala menopause pada wanita. Tidak hanya itu, tempe juga populer di setiap kalangan masyakat Indonesia. Dan setiap orang menyukai rasanya yang gurih.

Sumber : travel.tribunnews.com