Masih banyak perusahaan yang belum menerapkan safety day. Salah satunya perusahaan di Kabupaten Karimun. Faktanya bahwa hampir perusahaan tambang yang ada di Karimun sudah tidak memenuhi persyaratan lagi di alat-alat berat.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja Karimun Hazmi Yulianzah mengaku  akan menyurati perusahaan tersebut untuk menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 tahun 1970 dan Nomor 23 tahun 1992 sebagai tindak lanjutnya.

Hazmi ditemui saat menghadiri pencanangan peringatan Hari K3 (safety day) di PT Oiltanking Karimun, Rabu (22/3) kemarin mengatakan, ”Benar. Masih banyak perusahaan-perusahaan yang belum menerapkan K3. Dan kami akan surati keperusahaan-perusahaan tersebut, agar segera menerapkan K3 bagi karyawannya”, ujarnya.

Hazmi mengatakan Tujuan penerapan K3 ini untuk memberikan rasa aman kepada setiap karyawan dalam perusahaan. Di mana, perusahaan yang berdiri di atas 100 orang sudah wajib menerapkan K3. Begitu juga apabila karyawan yang di bawah 100 orang tapi risiko pekerjaannya cukup tinggi tetap juga wajib K3 dilaksanakan.

Dengan fokus pada upaya pencegahan terhadap kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Namun dibarengi dengan ketegasan dalam menjatuhkan sanksi bagi perusahaan yang melanggar norma-norma K3, serta memberikan penghargaan bagi perusahaan-perushaan yang sudah menerapkan K3.

Peringatan hari K3 yang jatuh setiap 12 Januari sudah memasuki tahun ketiga untuk mewujudkan kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3 pada tahun 2020 mendatang.

Jika peraturan Sistem Manajemen K3 (SMK3)dilaksanakan dan diterapkan dengan baik, maka Perlindungan K3 akan efektif dan efisien dapat mendorong produktivitas.

Sebagaimana amanat Pasal 87 Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan telah dikembangkan pula pedoman penerapan SMK3 melalui Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2012.

Jadi sudah sewajarnya perusahaan-perusahaan menghormati peringatan hari standar K3. Dan ketegasan pemerintah lah yang paling berperan penting disini.

Sumber : batampos.co.id