Gempa Lebak Rusak 156 Rumah di Sukabumi

0
35

Dampak gempa 6,1 magnitudo di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten terus meluas di Sukabumi, Jawa Barat.

Hingga Selasa (23/1/2018) malam dilaporkan sebanyak ratusan rumah rusak di 30 dari 47 kecamatan di Sukabumi.

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi hingga pukul 18.00 WIB mencatat, 156 unit rumah yang dihuni 244 kepala keluarga (KK) di 30 kecamatan itu rusak. Rinciannya, sebanyak 18 unit rumah mengalami rusak berat, 57 unit rusak sedang dan 81 unit rusak ringan.

Sebelumnya, BPBD melaporkan bangunan di 20 dari 47 kecamatan di Kabupaten Sukabumi mengalami rusak akibat diguncang gempa.

“Dalam data yang kami terima, kecamatan terdampak gempa itu tersebar baik di utara maupun selatan Sukabumi,” kata Kepala Bidang Kedarutan dan Logistik, BPBD Kabupaten Sukabumi, Maman Suherman kepada wartawan, Selasa malam.

Menurut Maman, hasil sementara pendataan dari laporan daerah menunjukkan rumah yang rusak paling banyak terdapat di Kecamatan Cidahu, yakni sebanyak 47 unit.

“Dari 47 rusak, sebanyak 8 unit rumah rusak berat, 17 unit rusak sedang, dan 22 unit rusak ringan,” ujarnya.

Berikutnya, lanjut dia, Kecamatan Cikidang melaporkan ada sebanyak 45 unit rumah yang mengalami kerusakan. Rinciannya yaitu 3 unit rusak berat, 11 unit rusak sedang, dan 31 unit rusak ringan.

“Kecamatan lainnya yang data kerusakannya besar di antaranya Kecamatan Cicurug sebanyak 20 unit rumah mengalami kerusakan,” katanya.

Maman menambahkan, sementara sarana umum yang mengalami kerusakan di antaranya bangunan RSUD Sekarwangi di Kecamatan Cibadak dan klinik umum Bebita di Kecamatan Cicurug dengan kategori rusak ringan.

“Bangunan sekolah yaitu SDN Bojongsari di Kecamatan Kalibunder dengan kategori rusak sedang. Selain itu, majelis taklim di Kecamatan Cidahu dan satu unit masjid di Kecamatan Cicurug juga rusak,” pungkasnya.

Tigapuluh kecamatan yang terdampak gempa yaitu Sagaranten, Parakansalak, Jampangkulon, Simpenan, Cisaat, Kebonpedes, Gunungguruh, Parungkuda, Kalapanunggal, Cikidang, Waluran, Lengkong, Nagrak, Cibadak, Cibitung, dan Kecamatan Kabandungan.

Lalu Kecamatan Bantargadung, Caringin, Warungkiara, Cisolok, Cidolog, Ciambar, Nyalindung, Palabuhanratu, Kalibunder, Cidahu, Jampangtengah, Cikembar, Pabuaran, dan Kecamatan Cicurug.