Mengkonsumsi buah sebagai makanan sehat bukan hanya menyegarkan akan tetapi juga kaya akan vitamin dan aneka manfaat kesehatan lainnya.

Nah demi menjaga tampilan buah apel dan buah lainnya agar tetap segar sehingga dapat diekspor berbulan lamanya, maka wax atau lilin sering digunakan  untuk melapisi kulit buah. Namun tahukah Anda akibatnya bagi kesehatan Anda?

Lilin yang digunakan untuk melapisi buah adalah lilin buatan. Yang lebih mengkhawatirkan, lilin ini dibuat dari bahan yang sama dengan oli motor. Karena lilin bukan bahan makanan, produsen tidak diwajibkan untuk memberitahu bahan apa saja yang digunakan.

Kebanyakan lapisan lilin mengandung pengawet dan fungisida, serta pewarna buatan untuk membuat buah semakin menarik. Pewarna ini dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker pada konsumen. Lilin pelapis ini sulit dibedakan dengan lilin alami yang dikandung kulit buah itu sendiri.

Jadi, bagaimana menghindarinya? Cobalah untuk membeli buah organik atau dari produsen yang terverifikasi tidak menambahkan lilin pada buah. Dan cobalah hindari buah ekspor.

Karena buah ekspor sudah diangkut dalam waktu yang lama dan pastinya diberikan perlakuan seperti pelapisan lilin, pengawetan dengan UV, atau teknik lainnya untuk menjaga buahnya tetap awet.

Maka ada baiknya Anda memilih untuk membeli buah apel dari pasar petani lokal, di mana buah datang langsung dari perkebunan dan hanya mengandung lilin alami buah itu sendiri.

Sumber : aura.tabloidbintang.com