Keinginan Aktivis Agar Pemerintah Membentuk Regulasi Pelestarian Mata Air

0
58
Ilustrasi.

Ketua Lembaga Advokasi Masyarakat – Subang, Yaya Sudarya telah mengutarakan keinginan para aktivis, yakni meminta Pemkab Subang segera mengeluarkan Regulasi bagi perlindungan dan pelestarian mata air.

Perlindungan tersebut di antaranya, perlindungan Situ/danau dan sungai di wilayah Kabupaten Subang. Kemudian penetapan Kawasan Hutan Lindung di wilayah Kabupaten Subang, karena area tersebut digunakan menjadi area tangkapan air.

Yayan mengatakan regulasi pemerintah penting sebagai tindaklanjut saresehan “Sawala Hulu Wotan Pikeun Kahirupan” pada Rabu, 29 Maret 2017, dan Ikrar dalam rangka menyelamatkan mata air ketika memperingati hari air sedunia tahun 2017 di Cibeusi Kecamatan Ciater Kabupaten Subang, beberapa waktu lalu.

Regulasi diperlukan supaya semua potensi dan kekuatan yang ada bisa bergerak bersama-sama dalam kesatuan, tidak terpisah-pisah. Tujuannya supaya hasilnya bisa maksimal.

Selain itu pengelolaan sampah dan limbah serta pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup juga memerlukan regulasi dari pemerintah.

Dan dengan menyesuaikan kegiatan peringatan hari air, bersama aktivis lingkungan melakukan refleksi diri terhadap alam dan lingkungan. Kemudian menjadi momentum pencerahan supaya bisa lebih semangat berkontribusi memelihara dan menjaga lingkungan, mulai dari mata air, sungai, hutan sampai ke wilayah pesisir pantai.

Diakuinya permasalahan dan kendala yang dihadapi saat ini sebagian besar komponen, mulai pemerintah, perusahaan/pengusaha, NGO/LSM, dan masyarakat terkesan masih lupa, membiarkan alam tak terjaga dan tak terpelihara.

Maka hal ini perlu solusi dan digugah sehingga bisa bergerak sesuai kewenangan dan tupoksinya. Progam yang sudah ada harus mendapat dukungan semua kalangan, termasuk pelaksanaannya harus menjadi satu kesatuan, sesuai tugasnya masing masing.

Kolaborasi dan sinergisitas pembangunan dengan partisipasi semua komponen bila terus menerus kami yakin bisa mewujudkan pembangunan yang ramah lingkungan dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kelestarian alam.

Sumber : www.pikiran-rakyat.com