Seringkah Anda mendengar kecelakaan akibat tersengat arus listrik. Bahkan, tidak jarang dampak yang timbul akibat sengatan arus listrik bisa berakibat fatal dan dapat membahayakan nyawa seseorang.

Orang yang terkena sengatan arus listrik/kesetrum pun akan mengalami hal hal seperti dehidrasi, kontraksi pada otot yang mengakibatkan kejang-kejang, mati pada sistem tubuh, luka bakar, hingga menghentikan fungsi jantung, gagal ginjal, dan pernafasan.

Untuk Anda ketahui bahwa listrik tegangan tinggi dapat berakibat fatal jika mengenai tubuh. Apabila pertama kali melihat orang yang tersengat listrik, sebaiknya bersikap tenang namun tetap waspada.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa membantu, Karena ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir risiko bahaya pada korban tersengat listrik. Karena orang yang terkena sengatan arus lisrik harus mendapatkan pertolongan pertama dengan cepat, karena jika terlambat maka bisa mengakibatkan kematian.

Kemudian bila arus listrik nya tinggi dan tidak ditolong dengan prosedur yang benar, maka akan ada korban-korban lain yang berjatuhan akibat dari rentetan sengatan arus listrik tersebut.

Maka seetidaknya Anda paham dan mengetahui pertolongan pertama apa saja yang dapat diberikan pada orang yang terkena sengatan arus listrik atau kesetrum. Anda bisa memberikan pertolongan pertama terkena insiden kesetrum listrik seperti berikut ini:

  1. Jangan pernah sekalipun anda memindahkan korban selama korban itu masih dialiri arus listrik atau kesetrum dan bahkan jangan sesekali menyentuhnya secara langsung. Karena dalam hal ini listrik juga berpotensi menyambar ke diri anda dan menambah korban lagi.

  2. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu memutuskan sumber arus listrik seperti stop kontak, saklar, dan sebagainya. Anda juga harus melepaskan si korban dari arus listrik, tetapi INGAT harus dengan menggunakan benda yang tidak bisa dialiri listrik seperti tongkat kayu kering atau benda yang terbuat dari karet.

  3. Jika telah dipastikan si korban tidak lagi terkena arus listrik, maka segera periksa kondisi korban tersebut. Apabila arus listrik yang telah menyambarnya terlalu kuat, segera periksa pernafasan korban. Dan apabila si korban tidak ada tanda tanda bernafas, lakukan nafas buatan atau Resusitasi jantung paru paru atau CPR.

  4. Selagi memberikan pertolongan resusitasi jantung paru paru, segera telepon pihak medis sesegera mungkin agar nyawa korban dapat tertolong dengan cepat dan meminimalisir korban nyawa.

  5. Jangan memindahkan korban terlalu jauh dari tempat kejadian, karena dikhawatirkan akan mengakibatkan luka lain atau cedera lain yang tidak kita sadari.

  6. Segera ambil selimut untuk menutupi korban dan jangan sekali sekali anda meninggalkan korban. Temani dia sampai tim medis datang dan berikan ketenangan agar si korban tidak syok dan tetap aman sampai tim medis datang.

Memang kecelakaan ini tergolong sangat menyeramkan, karena akibat dari kecelakaan tersebut dapat berdampak tidak baik. Anda pun pasti tak ingin apabila kerabat, teman dekat, atau masyarakat terkena musibah ini.

Oleh karena itu gunakanlah benda listrik dengan baik dan benar. Lalu kita juga bisa meminimalisir kecelakaan ini dengan cara membuat desain jalur kabel listrik yang sesuai dengan aturan baku PLN, serta sedapat mungkin jauhkan benda listrik, kabel listrik dan perangkat apapun yang teraliri arus listrik dari jangkauan anak anak.

Sumber : www.onhits.net