Tercatat sudah enam kasus kecelakaan kerja yang terjadi sepanjang tahun 2016. Dan pada tahun ini PLN tercatat  sebagai salah satu kasus kecelakaan yang memakan korban jiwa tersebut.

Mengantisipasi hal ini terulang lagi, PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa yng disampikan oleh Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan, Hardian Sakti Laksana mengatakan, PLN berupaya menekan terjadi kecelakaan kerja karena human error atau tidak mematuhi SOP.

“Salah satunya dengan memegang teguh standar operasi dan prosedur Keselamatan Kerja dan Keselamatan Kesehatan Kerja (K2K3), maka upaya menekan angka kecelakaan kerja bisa dimaksimalkan,” katanya, Kamis (4/5/2017).

Terutama saat pekerjaan instalasi listrik, terutama perbaikan jaringan listrik amat rentan terjadinya kecelakaan kerja. Sebelum melaksanakan tugas, para pegawai dibekali keterampilan dan kemampuan yang mampu meminimalkan kecelakaan kerja.

Upaya lain yang dilakukan PLN lakukan adalah istigasah dan doa bersama untuk keselamatan kerja. Doa bersama dan istigasah tersebut digelar di halaman Kantor PLN Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta di Jalan Teuku Umar, Semarang, Kamis (4/5/2017).

Istigasah dan doa bersama ini digelar dalam rangka mewujudkan keselamatan kerja dan zero accident. Hal ini juga sesuai dengan target perusahaan menerapkan zero accident dalam setiap kegiatan operasionalnya.

PLN berharap ke depannya kecelakaan kerja tidak lagi terjadi dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Sumber : ekbis.sindonews.com