Hubungan pendek atau korsleting (dari bahasa Belanda kortsluiting) adalah suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil, mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar dan bila tidak ditangani dapat mengakibatkan ledakan dan kebakaran.

Dan kebakaran merupakan hal yang kerap terjadi. Dan salah satu penyebab yang paling banyak ditemui adalah masalah korsleting listrik. Korsleting listrik sering kali terjadi karena Human Error atau kesalahan pada manusia, manusia yang dimaksud disini adalah pengguna listrik itu sendiri.

Meski begitu korsleting listrik tak boleh diremehkan. Gara-gara arus pendek ini bisa saja sebuah rumah terbakar dan menewaskan penghuninya. Maka dari itu untuk menghindari korsleting dan kebakaran di rumah, Anda harus tahu tata cara mencegahnya.

Berikut ini beberapa tatat cara yang dapat Anda perhatikan mulai dari sekarang:

  • Jangan biarkan sok kontak menumpuk pada satu sumber listrik(sekering), sesuaikan dengan daya sambung jangan pernah lebihkan atau dikurangi.
  • Periksa setiap kabel listrik yang terkelupas atau terbuka. Karena itu sangat bahaya terkena benda cair, dan langsung perbaiki atau ganti.
  • Jauhkan listrik dari jangkauan anak-anak dari saklar atau stok kontak, karena anak-anak memegang listrik tanpa mengetahui akibatnya. Lebih baik anda menjaga-jaganya lebih jauh sebelumnya.
  • Biasakan mengunakan material listrik seperti kabel atau stop kontak dan steker, yang telah terjamin kwalitasnya dan berlebel resmi. Jangan melihat dari murahnya harga barang tersebut tetapi tidak tahan panas dan mudah meledak, tapi carilah yang memang bisa menjaga kekuatan sumber arus listrik pada barang tersebut dan terjamin.
  • Belajarlah memperhatikan lingkungan sekitar anda yang berdekatan aliran listrik atau kabel-kabel yang mendekati dan menyentuk jaringan listrik dan jangan pernah coba-coba menyantol listrik dari aliran yang salah dan mengitakatik KWH bila tidak paham juga yang paling sering terjadi jangan coba mencuri aliran listrik secara tidak sah karena berakibat sangat fatal.

Sumber : news.detik.com